Daftar Obyek Wisata Menarik Di Solo Yang Tepat Untuk Mengisi Liburan

Kota Solo, atau yang lebih di kenal dengan Surakarta merupakan sebuah kotamadya yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Lokasi yang strategis, membuat kota ini mudah anda akses dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kota Solo menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang mengagumkan, dari wisata budaya, wisata alam, sejarah dan wahana menarik. Ketika anda sedang melakukan perjalanan ke kota disekitaran Solo, sempatkanlah singgah sejenak untuk menikmati keindahan obyek wisata di Solo. Obyek wisata menarik apa saja yang harus anda kunjungi saat berada di kota tersebut? Berikut ulasannya :

  1. Keraton Surakarta
Image by http://wisatasenibudaya.com/
Obyek wisata di Solo pertama yang harus anda kunjungi  yaitu Keraton Surakarta. Di tempat ini terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan benda-benda kuno. Tempat yang selalu ramai oleh para wisatawan ini memiliki arsitektur bangunan yang masih sangat kental dengan budaya jawa. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 anda sudah dapat berkeliling museum serta melihat koleksi di dalam keraton. Selain di gunakan sebagai tempat wisata untuk umum, di tempat obyek wisata di Solo ini juga masih di selenggarakan untuk upacara adat seperti Sekaten dan Arak Kebo Kyai Slamet.

  1. Gerojogan Sewu Tawangmangu

Jika anda menyukai wisata alam, maka Gerojogan Sewu Tawangmangu ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi liburan anda. Obyek wisata di Solo yang cukup populer di kalangan para traveller ini menyimpan berbagai keindahan air terjun yang menawan serta udara sejuk yang masih terasa. Berlokasi di sebelah timur kota Solo atau sekitar 37 KM dari pusat kota, Gerojogan Sewu selalu ramai oleh para pengunjung baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Untuk anda yang menginginkan untuk bermalam, terdapat beberapa homestay dan villa untuk disewakan.

  1. Kebun Binatang Taru Jurug
Image by http://www.surakarta.go.id/
Obyek wisata di Solo yang tidak kalah ramai dengan obyek wisata lain yaitu Kebun Binatang Taru Jurug. Kebun binatang yang di lengkapi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga anda akan tetap nyaman ketika mengelilingi tempat wisata tersebut. Kawasan wisata yang satu ini selalu ramai setiap weekend maupun hari besar. Sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Koleksi satwanyapun cukup lengkap, terdapat merak hijau, iguana, macan tutul, beruang, gajah, harimau Sumatera dan masih banyak lagi. Kebun binatang Taru Jurug dapat anda kunjungi di Jalan Ir. Sutami No 40, Jebres.

  1. Taman Sriwedari
Image By http://jalansolo.com/
Taman Sriwedari merupakan kawasan taman bersejarah bagi warga Solo, karena dulunya taman ini dibuat untuk rekreasi para keluarga kerajaan. Pada zaman dahulu, para keluarga kerajaan tersebut menyaksikan hiburan tradisional seperti ketoprak dan wayang orang. Namun sekarang, obyek wisata di Solo ini sudah mengalami banyak pemugaran sehingga di jadikan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Taman ini juga di lengkapi dengan wahana permainan anak yang cukup modern. Pada acara-acara tertentu juga sering dibuat stand sebagai acara live music dan juga para penjual makanan.

  1. Kampung Batik Kauman
Image By https://yuvenstour.files.wordpress.com
Solo juga tekenal akan batiknyaa yang khas, maka tak heran jika anda berkunjung ke kota ini anda akan mendapati Kampung Batik yang berada di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta. Kampung Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik dengan menonjolkan warna gelap sebagai ciri khas dari daerah tersebut. Anda juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kain batik tersebut dan juga dapat mencobanya langsung. Produk yang di hasilkan dari Kampung Batik Kauman ini sudah di jual ke seluruh Indonesia hingga menembus pasar Internasional. Obyek wisata di Solo yang satu ini memang selalu ramai pengunjung, terlebih bagi mereka yang penasaran akan budaya khas dari batik Indonesia.


Itulah beberapa obyek wisata di Solo yang menarik untuk anda kunjungi. Tertarik untuk mengagendakan liburan di kota tersebut?

Comments